Jumat, 13 November 2015

Esay: PERANKU UNTUK MEMAJUKAN PENDIDIKAN PAPUA

Pendidikan hakikatnya merupakan serangkaian proses yang melibatkan banyak tahap yang harus direncanakan, dilaksanakan, dan dievaluasi sedemikian rupa, sehingga mampu menghasilkan perubahan dan hasil yang maksimal sesuai dengan indikator keberhasilan. Kegiatan pendidikan pada dasarnya dilakukan untuk memanuasiakan manusia, maka manusia nantinya akan mampu memiliki rasa untuk menghargai dan memajukan dirinya dalam berbagai hal, khususnya kemampuan, bakat, dan minatnya.
Berbicara mengenai pendidikan Papua sampai sekarang ini masih menjadi domain utama, khususnya dalam hal pengembangan, inovasi, dan pemajuan sistem pendidikannya. Secara tanpa sadar kita mungkin sering mengartikan bahwa pendidikan di Papua tertinggal dari daerah di Indonesia. Padahal hal tersebut kurang tepat, dimana setiap apa yang kita pikirkan dan bicarakan merupakan sebuah doa yang menjadi nyata. Pada hakikatnya hal yang demikian baiknya bukan saja menjadi sebuah perbincangan semata, namun diperlukan sebuah inovasi yang tepat dari berbagai pihak yang mampu untuk mewujudkan sebua impian dan harapan kita semua. Maka dari itu, sebagai pendidik saya memiliki sebuah gagasan untuk memajukan pendidikan di Papua yang sekiranya dapat diimplementasikan secara nyata.
Sebagai pendidik sekolah dasar saya merasa bahwa pada usai tersebut merupakan masa emas dimana kepribadian dan karakter siswa masih dapat dibentuk sedemikian rupa dengan mudah. Beban pikiran dan mental anak pada usia ini masih lugu dan polos, sehingga mampu untuk dibentuk dengan mudah. Namun, dalam hal ini diperlukan sebuah inovasi yang lebih, khususnya dalam hal psikologi. Pengalaman selama saya mengajar menunjukkan bahwa untuk membentuk kepribadian siswa yang berdasarkan Pancasila, berpikir rasionalitas yang tinggi, dan kreatif diperlukan sebuah gagasan untuk merangsang otaknya untuk bekerja secara maksimal. Salah satunya adalah dengan  diskusi tipe Jigsaw yang berbasis kebudayaan setempat.
Secara prinsip teknik ini menuntut siswa untuk menguasai materi untuk selanjutnya diajarkan kepada teman sekelompoknya. Teknik ini jarang digunakan oleh kebanyakan guru, karena memakan waktu yang cukup lama. Namun, pengalaman, pengetahuan, dan hasil penelitian saya sebelumnya mengenai Peningkatan kreativitas siswa dalam pembelajaran dengan metode belajar Jigsaw yang berbasis kebudayaan setempat. Berdasarkan hasil penelitian saya menunjukkan bahwa secara pemikiran siswa akan lebih terbuka dan mengusai materi secara lebih mendalam dan kritis. Selain itu, konteks kebudayaan setempat tidak saya lupakan.
Pada hal ini menjadi perbincangan penting ketika dihadapkan pada sebuah gagasan yang menunjukkan pada nilai-nilai yang terkadung pada kebudayaan setempat. Kebudayaan Papua memiliki kekhasan yang sangat unik dan bernilai moral tinggi. Salah satunya adalah Tarian Pesta Ulat Sagu Suku Asmat. Tarian tersebut merupakan sebuah wujud rasa syukur atas anugrah dan rejeki yang diberikan dari Tuhan kepada manusia. Dalam tahap pembelajaran seni, hal pembelajaran dapat dilakukan dengan memberikan penjelasan kepada siswa bahwa tarian ini menggambarkan mengenai kesyukuran kita terhadap Sang Pencipta. Setiap gerakan memiliki makna yang terkandung didalamnya, maka dari itu siswa nantinya bukan saja hanya belajar mengenai gerakan semata, namun memiliki pemahaman yang terkandung di dalamnya, sehingga siswa mampu untuk menghayati setiap gerakannya dan menunjukkan rasa syukurnya kepada Tuhan.

Penelitian saya sebelumnya telah berhasil membangkitkan siswa untuk belajar secara serius dengan penuh penghayatan. Pada dasarnya banyak kebudayaan di Indonesia yang memiliki nilai-nilai kebudyaan luhur, seperti adat bermasyarakat, adat berkeluarga, adat beribadah, adat perilaku sehari-hari, dan laib sebagainya. Begitu banyak kebudayaan di Indonesia yang harus kita ajarkan kepada anak-anak kita, sehingga kebudayaan yang nenek moyang kita tinggal sebagai warisan tidak hilang. Berdasarkan pengalaman saya di atas, sekiranya menjadi sebuah pengalaman dari saya yang mampu menggambarkan kemampuan dan keinginan saya untuk turut berkontribusi memajukan pendidikan di Papua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

cara melihat kata kunci populer di google

Anda dapat melihat kata kunci populer di Google dengan menggunakan Google Trends. Berikut ini adalah cara melihat kata kunci populer di Goog...