Jumat, 13 November 2015

CERITAKAN SINGKAT TENTANG PENGALAMAN ANDA MENGUNJUNGI BERBAGAI DAERAH DI INDONESIA

Hal terkait dengan pengalaman saya mengunjungi berbagai daerah di Indonesia adalah mengenai kekaguman yang mendalam, khususnya dalam hal seni dan budaya masyarakat setempat. Dalam berbagai kesempatan saya selalu mendokumentasikan kesenian dan kebudayaan dari daerah yang saya datangi. Salah satu contohnya adalah ketika kunjungan saya ke Bali bersama teman-teman saya satu kelas waktu kuliah pada tahun 2013.
Pengalaman yang sungguh luar biasa dan tiada dapat terucapkan dari bibir selain Subhanallah. Modernisasi yang dilakukan di Bali sampai sekarang ini masih terus dilakukan, namun mereka tiada meninggalkan kekentalan kebudayaan yang mereka miliki. Hal ini apabila dipikirkan akan menjadi sesuatu yang penting untuk diterapkan di seluruh Indonesia. Bali memiliki kekhasan yang kental dibandingan dengan daerah di Indonesia lainnya. Mereka mampu untuk terbuka terhadap kebudayaan yang datang, namun tiada kehilangan jati dirinya. Dan yang saya kagumi adalah orang-orang disana dapat hidup dengan seni. Keterampilan dari para pengrajin yang luar biasa dalam membuat berbagai penyimbolan dewa-dewa, lukisan-lukisan yang khas dan unik, tarian yang sangat bercirikhaskan Bali dengan gerakan yang memiliki nilai estetis yang tinggi, dan aliran musik yang sungguh berbeda dengan daerah lainnya. Selain itu, semua hal tersebut dibuat dengan tanpa melupakan nilai-nilai religius. Bahkan, semua kesenian tersebut berkiblat berdasarkan religius. Dengan demikian, berbagai kreasi kebudayaan dan kesenian tersebut dapat diterima oleh berbagai pihak. Setelah kunjungan ke bali itu, kemudian berbagai pengalaman dan pelajaran yang saya dapatkan, saya bukukan dan share melalui media sosial yang saya miliki. Dengan demikian, saya dapat memberikan pembelajaran yang saya dapatkan pada orang lain. Itulah merupakan salah satu pengalaman saat saya mengunjungi Bali.
Selain kunjungan ke Bali tersebut, saya juga memiliki pengalaman dalam kunjungan-kunjungan ke berbagai tempat semakin menyadarkan saya, bahwa seni dan budaya itu adalah yang paling banyak menyumbangkan kekayaan di Indonesia. Maka dari itu, dalam setiap perjalanan saya mengunjungi daerah di Indonesia adalah saya selalu sadar untuk menyukuri keberagaman kesenian dan kebudayaan di Indonesia.

Kesadaran yang selalu hadir dan hinggap dalam hati, khususnya untuk belajar dan memahami kesenian dan kebudayaan di Inonesia adalah sebuah prihal yang saya tanamkan hingga kini. Pengalaman dan pelajaran yang saya dapatkan dari setiap kunjungan daerah di Indonesia adalah untuk menggali dan mengkaji kebudayaan dan kesenian di Indonesia. Banyak keberagaman kebudayaan dari setiap daerah yang sekiranya perlu untuk dikaji dan dibukukan, tentu saja didasari oleh kekhawatiran mengenai kurangnya informasi terkait dengan kebudayaan daerah tertentu. Sudah banyak berbagai kebudayaan yang telah saya tulis untuk dibagikan pada orang lain, namun menurut saya masih belum lengkap. Saya memiliki rasa ingin tahu yang tinggi dan rasa untuk bebagi, Maka dari itu, sekiranya menjadi hal penting bagi saya untuk berpetualang mengunjungi berbagai daerah di Indonesia untuk belajar dan mempelajari kebudayaan dan kesenian daerah setempat, dan juga untuk berbagi pengetahuan pada warga daerah setempat yang sekiranya mampu untuk mengembangkan daerah dan kawasan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

cara melihat kata kunci populer di google

Anda dapat melihat kata kunci populer di Google dengan menggunakan Google Trends. Berikut ini adalah cara melihat kata kunci populer di Goog...