Selasa, 10 November 2015

ESAY: JIKA KAMU TERPILIH INPIRASI APA YANG AKAN KAMU BAGIKAN


Dalam konteks ini saya akan mengutarakan inspirasi apa yang akan saya bagikan apabila terpilih sebagai peserta dalam program Menyapa Negriku. Pemikiran yang rasional merupakan sebuah gambaran yang mungkin akan menjadi ulasan saya dalam topik ini.
Sebagai seorang warga Yogyakarta yang sedehana, ramah, dan sopan. Apabila saya terpilih, inspirasi yang terpikir dalam benak saya adalah bagaimana cara saya dapat mengajarkan batik di sana. Hal tersebut didasari pada keahlian saya adalah dalam hal kerajinan batik. Di Raja Ampat nantinya saya akan mengajarkan siswa-siswa untuk membatik sesuai dengan motif daerah setempat. Hal ini didasari pada kasanah pengakuan batik Indonesia di mata dunia. Harapannya adalah dengan adanya pengetahuan batik yang saya ajarkan, mereka dapat mengembangkan dan menerapkan pada batiknya sehingga memiliki kekhasan yang bernilai estetis tinggi dengan berdasarkan kearifan lokal setempat. Selain itu, saya juga memiliki gagasan untuk tutur andil dalam upaya memaksimalkan pengolahan sumber daya alam di Raja Ampat, salah satunya adalah dengan mengajarkan ilmu mengenai pewarna alam untuk batik.
Pembelajaran ini penting ketika dihadapkan pada peluang dan kondisi yang memungkinkan disana untuk dilakukan pewarna alam untuk batik. Batik yang diakui dunia adalah batik alam, yang dalam hal ini adalah batik yang mengalami proses dan tahapan sesuai dengan prosedurnya. Maka dari itu, terinspirasi dari bakat dan minat saya terhadap batik selama ini, apabila saya terpilih dalam program Menyapa Negeriku ini, saya bermaksud untuk mengembangkan batik di Raja Ampat, khususnya dalam hal inovasi motif batik lokal agar memiliki nilai estetiis yang lebih, bernilai jual, dan bercirikhaskan daerah setempat, serta saya ingin memberikan pengetahuan mengenai pemanfaatan tumbuhan untuk pewarna alam pada batik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

cara melihat kata kunci populer di google

Anda dapat melihat kata kunci populer di Google dengan menggunakan Google Trends. Berikut ini adalah cara melihat kata kunci populer di Goog...